Cara Mudah Mengatur Keuangan Keluarga

loading...

Anda sebagai ibu rumah tangga pasti saat ini semakin bingung dengan melonjaknya biaya kebutuhan hidup,dengan banyaknya kenaikan harga dari mulai sembako,listrik dan lain lain. Dengan adanya hal tersebut sering kita sebagai ibu rumah tangga kesusahan dalam memanajemen keuangan keluarga,Sehingga uang yang diberikan suami atau uang yang kita miliki habis sebelum habis bulan.

Karena itu kita sebagai ibu rumah tangga harus pintar pintar mengatur keuangan keluarga sehingga kita tidak kehabisan uang saat dipertengahan bulan. Oleh karena itu sebagai ibu rumah tangga kita harus bisa mengetahui hal-hal apa yang harus kita cermati agar bisa mengatur keuangan keluarga,dan yang perlu kita perhatikan adalah :

1.Bahan Pokok Makanan
Setiap hari kita perlu makan sehingga uang yang kita keluarkan untuk biaya makan pasti tinggi ,jadi kita harus bisa memperhatikan bahan apa yang paling  kita butuhkan untuk dibeli jangan membeli bahan makanan yang sifatnya nggak penting atau hanya mengakibatkan mubazir atau sia-sia. Usahakan kita bisa memasak sendiri agar lebih murah daripada beli makanan matang,yang pasti lebih mahal dari masak sendiri. Emang sih agak ribet bagi ibu rumah tangga yang sibuk kalau masak sendiri. Tapi hal ini akan menekan biaya makan keluarga kita. Utamakan memasak makanan yang sehat nggak perlu yang mewah mewah. Yang paling penting adalah kita memperhatikan kandungan vitamin,protein,karbohidrat dan hal hal yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh keluarga kita.

2.Tagihan Bulanan Keluarga
Ibu rumah tangga juga harus memperhatikan biaya bulanan seperti listrik,Air PAM,BPJS dan lainnya yang sifatnya wajib dibayar tiap bulan,harus kita perhatikan dan  kita siapkan sehingga pas mau bayar uang sudah siap. Jadi kita nggak bingung lagi karena sudah siap dan bayarlah tepat waktu agar tidak kena denda yang akan menambah biaya lagi.

3.Biaya Pendidikan Anak
Sebagai ibu rumah tangga biaya pendidikan anak juga harus kita perhatikan,agar anak kita juga tenang saat melaksanakan pendidikannya disekolah ataupun diperguruan tinggi. kita juga harus bisa mneyisihkan uang buat pembiayaan pendidikan anak tiap bulannya sehingga pas membayar biaya sekolah uang sudah siap,dan ini juga akan mempengaruhui jiwa anak. Ketika kita telat membayar uang sekolah anak maka akan membuat perubahan jiwa anak seperti malu sama temannya.

4.Biaya Kebersihan
Biaya kebersihan walau sepele tetap juga kita perhatikan agar kita bisa mengatur kondisi keuangan keluarga. Biaya kebersiahan itu speerti deterjen,sabun mandi/cuci,shampo,atau klau yang nggak nyuci sendiri maka kita juga harus menyiapkan uang laundry. nah hal hal ini harus kita pastikan terjamin biayanya.walau mungkin terlihat kecil tapi jika tidak kita hitung maka kita juga akan keteteran loh bunda....???

4.Hiburan
Keluarga juga butuh refreshing atau hiburan jadi kita sebagai ibu rumah tangga harus bisa mebyesihkan sedikit-demi sedikit untuk biaya refreshing keluarga. Biaya hiburan keluarga seperti jalan jalan weekend,atau bisa bulanan atau 3 bulan sekali semampu kita jangan dipaksakan. Jika belum bisa berwisata bisa biaya hiburan keluarga kita keluarkan untuk nonton film baik dibioskop atau nonton dvd dirumah tetap juga butuh biaya,jadi tetap kita siapkan.

5.Menabung
Sebagai ibu rumah tangga kita harus bisa menabung setiap bulannnya,uangnya bisa kita gunakan untuk kebutuhan mendadak atau juga bisa buat jaga-jaga sehingga ketika pas pertengahan bulan tiba-tiba kehabisan biaya karena adanya kenaikan tiba-tiba bahan pokok ataupun adanya kenaikan tagihan bulanan.Jadi tetap kita sebagai ibu rumah tangga harus bisa mewajibkan diri untuk bisa menabung setiap bulannya bisa kita tentukan jumlahnya tiap bulan berapa agar kita bisa disiplin tapi jika belum bisa tetap kita harus bisa mewajibkan diri untuk menabung seberapapun jumlahnya.



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 05:19
Product :

Tehnik Cepat Hamil

KHUSUS ORANG GAPTEK

Aneka Iklan

loading...